Minggu, 10 Mei 2020

Inilah Menu Makanan Khas Asli Indonesia

Kita tahu jika Indonesia adalah sebuah negara yang sangat besar dan kaya. Mulai dari sabang hingga merauke sungguh memiliki banyak sekali keanekaragaman yang menjadikan negri ini kaya raya salah satunya ialah makanan. Hampir disemua daerah yang dikunjungi pastinya memiliki makanan khas yang berasal dari daerah tersebut. Berbagai jenis hasil kekayaan alam yang berbeda dari setiap daerah menjadikan semakin banyaknya variasi jenis makanan yang khas.

Dibawah ini berbagai jenis makanan khas yang berasal dari Indonesia

1. Mie Aceh

Mie Aceh adalah makanan khas Aceh yang terbuat dari campuran mie kuning yang agak tebal dengan dilapisi bumbu yang sedikit pedas. Makanan ini akan lebih nikmat jika dicampurkan dengan irisan daging sapi, udang ataupun ayam dengan tambahan sedikit sayuran seperti kol dan tauge akan menambah nikmatnya makanan asli serambi mekah ini. Untuk hidangan yang satu ini biasanya lebih nikmat jika disantap pada saat masih panas, ada dua varian mie aceh yang sangat terkenal digoreng ataupun yang berkuah tergantung dari selera masing-masing.

2. Bika Ambon
Walaupun namanya menggunakan kata Ambon tapi percayalah makanan ini bukan berasal dari kota Ambon. Pada kenyataannya makanan yang terbuat dari tepung sagu, susu, gula, pandan, santan, daun jeruk dan serai ini berasal dari Sumatera Utara dan disebut sebagai oleh-oleh khas Sumatera Utara. Jika berkunjung ke Sumatera Utara tepatnya di Kota Medan tidak lengkap jika tidak membawa oleh-oleh bika ambon untuk saudara anda. Untuk rasa yang dihasilkan oleh makanan ini ialah manis dan legit, untuk varian rasa tersedia berbagai jenis seperti keju, coklat dan durian tapi secara umum orang-orang lebih suka rasa standar makanan yang satu ini yaitu manis saja.

3. Rendang
Rendang merupakan warisan kuliner asli Indonesia secara turun temurun yang berasal dari daerah Sumatera Barat (Padang) dan masuk kedalam salah satu daftar makanan terlezat di dunia versi CNN. Dengan campuran rempah-rempah dari Indonesia dan daging sapi segar dapat memikat hati para wisatawan hingga seluruh penjuru dunia yang pernah menikmati makanan lezat ini, duh jadi lapar nih.

4. Gulai Ikan Patin
Jambi memiliki makanan khas yang dibuat dari bahan ikan patin. Nama dari makanan yang sudah jadi setelah diolah dengan menggunakan santan kelapa dengan dilengkapi sedikit bumbu yang terdiri dari lengkuas, serai, kunyit dan cabe merah yaitu gulai ikan patin. Enak disajikan sebagai menu makan siang dan dimakan beramai-ramai bersama keluarga.

5. Pempek
Siapa yang tidak tau pempek, makanan ini berasal dari daerah Sumatera Selatan (Palembang) dan memang sudah sangat terkendal seantora nusantara. Ketika berkunjung kesana tidak akan lengkap jika tidak mencicipi makanan terbaik yang dimiliki daerah ini. Disajikan dengan kuah yang khas tentu akan membuat anda ketagihan. Banyak jenis pempek seperti kapal selam, lenjer, pistel, adaaan, keriting, kulit, tahu, lenggang, panggang dan cucuk. Mungkin akan kita bahas di artikel berikutnya.

6. Kerak Telor
Berasal dari Betawi tentunya kerak telor memiliki sejarah panjanga sehingga menjadi makanan yang khas. Biasanya makanan ini akan sering dijumpai pada acara-acara kebudayaan di Jakarta. Rasanya yang gurih membuat anda yang menikmatinya pasti langsung ketagihan.

7. Gudeg
Makanan khas daerah Jogja ini menjadi salah satu yang terbaik karena rasanya. Memiliki bahan dasar nangka mudayang yang dimasak menggunakan santan. Untuk memasak gudeg ini memerlukan waktu beberapa jam hingga hasilnya maksimal. Kenikmatan bertambah ketika dicampur dengan telur, ayam dan daging sesuai selera anda.

Itulah beberapa makanan khas Indonesia yang dibahas pada artikel kali ini, walau masih banyak sekali yang masih terlewatkan akan dibahas pada artikel selanjutnya. Jika berkunjung ke daerah yang memiliki makanan yang khas hendaknya jangan melewatkan dan anda wajib mencobanya.

Artikel Terkait

This Is The Newest Post
This Is The Oldest Page


EmoticonEmoticon

Kategori

Arsip